Buah Bit Sumber Antioksidant

Buah Bit Sumber Antioksidant

Berbagai macam buah kini sudah mulai terlihat manfaatnya yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan hampir semua buah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti buah apel, buah alpukat, buah kelengkeng, buah tin, buah pala, buah bit, dan masih banyak lagi. Yang pasti buah-buahan tersebut memiliki manfaat yang berbeda-beda sesuai dengan kandungan yang ada di dalamnya. Buah yang akan kita bahas kali ini yaitu Buah Bit.

Buah Bit salah satu buah yang paling banyak dicari bagi mereka yang tau khasiatnya. Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ini sangat banyak, diantaranya Asam Folat, Kalium, Serat, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, Magnesium, Zat Besi, dan Fosfor. Nah sudah sedikit terbayangkan apa saja khasiat yang terkandung didalamnya. Buah yang memiliki nama latin (Beta Vulgaris ), ternyata memiliki kandungan antioksidant, Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School, kandungan antioksidant yang ada dalam buah bit berkisar 60%-79%. Hal ini sangat mendukung buah bit sebagai buah yang dapat mencegah terjadi nya kanker, kandungan antioksidant yang membuat sel-sel abnormal di dalam tubuh menjadi tidak responsive dan aktif sehingga sel-sel abnormal atau tumor tidak akan menjalar ke seluruh tubuh.

Selain itu manfaat antioksidant bagi tubuh juga adalah untuk meremajakan kulit, penelitian dari lutvi Abdullah peneliti dari institut pertanian bogor, dalam penelitian nya yang berjudul “Food Skin of Antioxidant” Bahwa antioksidan mempunyai peran untuk meremajakan kulit hingga tiga kali lipat, sehingga kullit menjadi tampak cerah dan muda. Selain itu buah bit mengandung Zhea-xhantin yang berfungsi untuk aktivasi senyawa feromone agar membantu penglihatan menjadi lebih tajam, selain kandungan Zhe-xhantin adanya kandungan serat yang bernama Xhantonin yang membuat mata menjadi lebih sehat, manfaat ini berdasarkan penelitian yang dibut oleh Niken Dewi, Guru Besar Gizi Manusia dari Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top