5 Tips Untuk Rencana Bisnis Yang Lebih Baik

penulisan artikel pilar tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. diperlukan berbagai sumber penulisan yang valid dan akurat apabila ingin membuat artikel pilar. itulah mengapa sangat di rekomendasikan untuk pakai jasa artikel pilar apabila Anda ingin membuat artikel jenis ini.

Jika Anda belum pernah menulis rencana bisnis sebelumnya, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk memulai proyek. Tampaknya Anda memiliki banyak sekali halaman kosong yang menatap Anda. Tapi jangan khawatir gunakan tips ini dan Anda akan mendapatkan rencana bisnis Anda di jalur cepat.

1. Untuk menjalankan rencana, mulailah dengan bagian yang paling mudah bagi Anda, atau paling menarik. Jika Anda tertarik dengan keunggulan teknis produk Anda, tulis bagian atribut produk terlebih dahulu. Jika pemasaran adalah keahlian Anda, maka kerjakan promosi.

Banyak orang suka memulai dengan menulis sejarah perusahaan, atau bagaimana mereka mendapatkan visi awal untuk memulai bisnis (mungkin karena kebanyakan orang senang membicarakan diri mereka sendiri). Ketika Anda mulai melihat kata-kata di halaman itu, Anda akan merasakan kemajuan, dan kemudian Anda dapat melanjutkan ke bagian rencana yang lebih sulit dengan sedikit keraguan.

2. Orang sering meremehkan usaha dan energi yang dibutuhkan untuk menulis rencana bisnis. Mereka mencoba menulisnya di malam hari atau ketika segala sesuatu di tempat kerja selesai, dengan kata lain, ketika mereka lelah secara mental dan kadang-kadang secara fisik. Pendekatan yang lebih baik adalah menulis rencana ketika Anda memiliki energi yang tersedia untuk dimasukkan ke dalamnya: masuk lebih awal dan berpikir dan menulis selama satu jam sebelum telepon mulai berdering.

3. Rencana bisnis pada dasarnya adalah karya fiksi–dokumen yang berbicara tentang apa yang Anda bayangkan atau harapkan dapat terjadi di masa depan, bukan apa yang telah terjadi. Jenis tulisan ini sulit untuk semua orang. Anda pernah mendengar tentang “blok penulis”.

Masalah yang Anda hadapi untuk menjaga kata-kata mengalir justru yang dihadapi oleh para penulis hebat, kecuali banyak dari mereka harus terus berjalan karena penerbit telah memberi mereka tenggat waktu yang tidak dapat dicapai dan mereka telah menghabiskan uang muka mereka, tetapi Anda tentu saja, telah memberikan banyak waktu untuk menyelesaikan Rencana Bisnis–jadi tidak ada alasan untuk merasa tertekan. Benar?

Jika Anda merasa diblokir, jangan khawatir. Itu semua bagian dari proses. Kuncinya adalah jangan berhenti. Letakkan beberapa kata di atas kertas, lalu beberapa kata lagi. Catat konsep daripada mencoba membuat kalimat lengkap.

4. Anda mungkin berpikir bahwa draf pertama dari rencana Anda pasti akan menyerupai ocehan yang tidak koheren—gagasan aliran setengah kesadaran yang campur aduk yang tidak terlihat seperti yang Anda harapkan. Jangan kecewa atau frustrasi. Simpan saja draf selama beberapa hari, kembali segar, dan mulai merevisi dan menulis ulang. Ajaibnya, setelah beberapa revisi lagi, semua ide akan menyatu dan bahasa rencana akan mengalir.

5. Latihan mental yang baik untuk digunakan saat menulis Rencana adalah dengan membayangkan bahwa Anda menceritakan kisah perusahaan Anda kepada seorang teman baik. Jangan terlalu terpaku pada formalitas bahasa, atau keseriusan proyek, atau kebutuhan untuk mengesankan. Hanya bicara. Ekspresikan harapan dan impian Anda untuk bisnis ini. Mengapa penting bagi Anda secara pribadi untuk berhasil.

Leave a Comment

Your email address will not be published.