Tiga Bulan Bisnis Jual Ikan Koi

Tiga Bulan Bisnis Jual Ikan Koi

Tiga Bulan Bisnis Jual Ikan Koi

Sudah tiga bulan lamanya saya memulai bisnis jual ikan koi. Dari sekian banyak ikan koi yang saya budi dayakan sejak masih dalam bentuk larva hingga kini sudah mulai besar tidak sedikit yang tidak bisa bertahan hidup atau mati. Dan sebagian besar yang tidak bisa bertahan hidup itu adalah ikan ikan koi yang menurut saya memiliki corak yang indah. sayang memang tapi mau bagaimana lagi namanya usaha pasti akan ada masa masa kurang mengenakkannya. Dalam tiga bulan ini sudah banyak pelajaran yang saya dapat dari jual ikan koi ini. Mengenai masalah masalah yang timbul dalam pembudi dayaan ikan koi di kolam belakang rumah. Sudah pernah saya bahas bahwa saya menggunakan makanan ikan koi berupa pakan alami yang tumbuh dari proses khusus. Di samping menggunakan pakan alami saya juga memberi pakan tambahan berupa pelet yang saya buat sendiri setelah belajar dari teman teman di komunitas komunitas yang saya dimana ikut bergabung di dalamnya.

Tak lupa kegiatan sehari hari yang saya lakukan adalah memberi makan secara rutin dan diselingi dengan pemberian vitamin bagi ikan ikan koi yang ada di kolam. Dan hasilnya cukup memuaskan. Ikan ikan koi yang saya budi dayakan sudah mulai banyak yang tumbuh besar dan beberapa memiliki corak yang sangat bagus menurut saya. Untuk ikan ikan yang memiliki corak corak yang indah saya ambil dan saya tempatkan di ember kemudian saya ambil gambarnya untuk di sebarkan melalui media sosial atau langsung saya tawarkan ke beberapa orang. Tahu sendirilah dampak dari era globalisasi bahwa semua sekarang serba menggunakan teknologi jadi saya juga tidak boleh ketinggalan dan harus selalu update mengenai hal hal baru yang melanda di Indonesia. Salah satu contohnya ya penggunaan media sosial sebagai sarana berdagang seperti ini. Setelah memosting beberapa gambar ikan koi yang saya miliki umpan balik dari orang orang yang melihat postingan saya mulai embanjiri pemberitahuan di akun media sosial saya. Beberapa orang yang benar benar berminat dengan ikan koi saya kadang langsung datang ke tempat dagang yakni ke rumah saya.

Karena rumah saya berada di tengah tengah kampung jadi banyak belok beloknya. Tak heran orang orang yang ingin membeli ikan koi saya kebingungan untuk menemukan tempat saya padahal sudah menggunakan bantuan google maps juga. Kebanyakan para calon pembeli yang kebingungan bertanya kepada pak rahmat pemilik warung yang ada dipojokan ujung gang lingkungan saya. Mereka bertanya di manakah tempat jual ikan koi yang ada di daerah ini. Karena pak rahmat sudah tahu bahwa saya memiliki usaha jual ikan koi jadi pak rahmat tidak susah untuk menunjukkan jalan menuju ke rumah saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *