Kisah di Balik Cerita Nabung Uang Receh Jadi Rp 60 Juta

Baru-baru ini seorang wanita dengan nama akun Facebook Agustine Ningsih menjadi viral, lantaran bisa punya uang sebesar Rp 60 juta hasil dari menabung uang receh. Tak ada yang menyangka jika uang receh Rp 500 dan seribu itu bisa terkumpul menjadi jumlah yang sangat banyak. Bagaimana kisahnya?

Sang suami Agustine, Muh Zaka mengatakan bahwa awal mulanya ia dan istrinya tak ada niat untuk menabung uang receh. Zaka melihat uang Rp 500 dan uang logam seribu banyak tersebar dan tak terpakai.

“Pada 2010 itu aku bilang ke istri coba uang receh ini dikumpulin pakai botol aqua gitu, nah setelah itu ada uang logam dikumpulin, dimasukkin jadi satu. Awalnya gitu, bukan khusus niatnya nabung uang receh itu nggak,” tutur Zaka.

Sejak saat itu, uang-uang receh dari kembalian belanja sang istri mulai dimasukkan ke dalam galon. “Abis itu setiap aku jual pulsa tiap ada yang beli pulsa pakai uang receh. Nah buat susuk atau kembalian orang suka nggak mau uang receh, disini itu maunya yang kertas-kertas. Yaudah aku masukin aja kumpulin,” tambahnya.

Pria yang tinggal di Mojokerto, Jawa Timur ini juga menambahkan bahwa keputusannya untuk membongkar tabungan uang receh didasarkan pada niatnya untuk membantu orangtuanya yang tengah terkena musibah. Rumah orangtua Zaka terbakar, sehingga ia pun memutuskan untuk membantu dari hasil tabungan uang recehnya itu.

“Aku sebagai anak nggak punya apa-apa, nggak bisa bantu. Yaudah musyawarah sama istri, uang ini dibongkar aja lah hitung-hitung bisa bantu orangtua, kita nggak usah hitung besar kecilnya, paling juga cuma dapat berapa,” jelas Zaka.

Setelah dihitung selama lima hari dan memerlukan bantuan dari beberapa tetangga, Zaka pun tak menyangka jika hasilnya sangat banyak. “Totalnya itu ada sebelas setengah galon. Yang sudah terhitung itu sepuluh galon. Itu ada Rp 65 jutaan, yang sudah ditukarkan ke bank Rp 60 juta,” terang Zaka.

Mungkin sebagian dari kita menganggap remeh uang koin karena dianggap kurang bernilai. Namun siapa sangka jika uang receh yang ditabung secara konsisten selama beberapa tahun itu dapat membuahkan hasil yang sangat banyak. Bahkan kamu bisa membeli empat buah sepeda motor sekaligus dari hasil menabung uang koin.

Agustine Ningsih baru-baru ini bisa membuktikan bahwa tak menyerah untuk menabung uang koin bisa mendapatkan hasil yang sangat bermanfaat. Setelah menabung uang receh selama lima tahun, ia dan suaminya bisa menghasilkan tabungan kurang lebih Rp 60 juta

“JANGAN MENYERAH. Tidak perduli yang mampu kita miliki hanyalah recehan saja, asal ada tekat dan kemauan untuk menabung, InsyaAlloh ALLAH akan memberi pertolongannya,” tulis Agustine dalam postingan Facebooknya.

Agustine menyimpan uang logamnya itu ke dalam galon. Ia memasukkan uang Rp 500 dan seribu ke dalam galon yang berbeda berdasarkan warna. Pada video yang diunggah pada akun Facebooknya Agustine menceritakan uang pecahan Rp 500 yang berwarna putih dalam satu galon berisi sekitar Rp 4 juta lebih.

“Jadi kami kelompokkan menurut nominal dan warna. Lima ratusnya kami susun menjadi sepuluh ribu, terus kami tutup dengan plastik dan diikat agar mudah dalam proses penghitungan,” tutur Agustine.

“Beberapa hari kemarin ada sekitar enam sampai tujuh galon yang kami tukarkan dan hasilnya sekitar Rp 35 juta lebih. Yang seribu rupiah dalam satu galon itu berkisar sekitar Rp. 14 juta rupiah,” tambahnya.

Agustine juga berharap semoga kisah tabungan uang koinnya itu bisa menjadi motivasi bagi orang lain. Video yang telah ditonton lebih satu juta kali ini pun banyak mendapat respon positif dari netizen. Tak sedikit dari mereka merasa terinspirasi oleh Agustine.

Sumber: detikFinance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *