Keuntungan Indonesia Sebagai Importir Produk Cina

Keuntungan Indonesia Sebagai Importir Produk Cina
Keuntungan Indonesia Sebagai Importir Produk Cina

Ekspor dan impor sudah menjadi hal yang biasa. Selain untuk memenuhi kebutuhan, kegiatan ini juga mampu mempererat hubungan negara. Sebagai masyarakat indonesia, sudah sewajarnya kita tahu bahwa negara kita ini merupakan importir produk cina.

Beberapa orang mungkin geram dan kurang suka mengapa negara seperti indonesia masih terbelenggu menjadi importir cina. Tidak tanggung-tanggung, banyak sekali jenis produk cina yang bertebaran di pasar indonesia.

Seperti sayur, buah, kebutuhan sandang, peralatan memasak, sampai alat tulis ada yang impor dari cina. Pemerintah indonesia sebenarnya sudah mempertimbangkan baik-baik bila akan mengimport suatu produk dari cina. Ada beberapa keuntungan yang didapatkan indonesia dari mengimport produk cina.

Keuntungan yang diperoleh indonesia yang pertama adalah biaya produksi. Dengan mengimpor dari cina, maka indonesia hemat biaya produksi. Karena yang diimpor adalah barang jadi dan siap terjun di pasaran. Keuntungan yang kedua adalah, dari penjualan produk tersebut rakyat indonesia juga dapat mendapat laba.

Produk cina harganya cenderung murah bila dibandingkan dengan produk lain. Tidak jarang, beberapa produk cina lebih murah daripada produk indonesia. Oleh karena itu, pedagang yang menjual produk cina bisa mendapat laba lebih banyak karena modal yang dikeluarkan untuk membeli produk tersebut lebih sedikit. Keuntungan yang terakhir adalah kualitas produk cina tidak terlalu buruk.

Bahkan, beberapa produk bisa dibilang awet dan tahan lama. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana harga produk murah namun kualitasnya tidak kalah. Jawabannya ada pada strategi produksi barang di cina. Pemerintah cina menetapkan kebijakan upah terendah untuk karyawan. Kebijakan ini ternyata mampu menekan biaya produksi cukup efisien. Oleh karenanya, indonesia sebagai negara importir produk cina menjalin kerja sama yang baik.

Pemerintah indonesia bisa mencoba menetapkan kebijakan yang dipakai oleh pemerintah cina untuk menekan biaya produksi. Anda mungkin berpikir bahwa pemerintah cina curang karena menerapkan kebijakan tersebut. Jawabannya tidak, karena dari keuntungan yang didapat, pemerintah cina terus memperbaiki fasilitas umum. Ternyata, indonesia sebagai negara importir produk cina masih harus belajar banyak tentang strategi pemasaran.