CPAP Metode Paling Direkomendasikan Untuk Sleep Apnea

Indikasi seseorang memiliki gangguan pernapasan adalah mendengkur ketika tertidur, dan hal itu selalu dilakukan dimanapun dan dalam kondisi apapun dia tertidur. Namun kita juga tidak dapat menentukan seberapa berat gangguan yang dialaminya.

Berbicara masalah gangguan pernapasan, ada satu penyakit gangguan pernapasan yang memang dapat dikatakan langka, karena tidak banyak orang yang mengalaminya. Tapi ini memang benar – benar terjadi.

Apakah itu ?

Yaitu sebuah penyakit gangguan pernapasan yang dialami dalam kondisi tertidur. Inilah yang dinamakan Sleep Apnea. Mengapa bisa terjadi hal demikian ?

Pada saat kita tertidur terjadi relaksasi otot – otot yang ada di dinding tenggorokan, hal ini normal dan tidak menimbulkan masalah, namun pada penderita syndrome sleep apnea kondisi otot tenggorokan menjadi sangat rileks dan mengendur hingga menimbulkan penyempitan saluran pernapasan. Pada sebagian lainnya bahkan hingga menutup saluran pernapasan.

Lalu bagaimana cara menyembuhkannya ?

Menurut medis ada dua metode yang bisa dilakukan yaitu dengan pembedahan dan dengan menggunakan alat bantu yang dinamakan dengan alat CPAP.

Penggunaan alat CPAP adalah metode yang dianjurkan dan kenyataan memang banyak dilakukan dari pada harus melakukan pembedahan. Karena memiliki resiko yang lebih besar.

Apa itu CPAP ?

jual cpap resmed

CPAP adalah kepanjangan dari Continuous Positive Air Way pressure, yaitu alat kesehatan yang berfungsi untuk memberikan aliran udara bertekanan masuk ke dalam saluran pernapasan melalui hidung atau mulut dengan masker.

Alat ini digunakan menjelang tidur untuk mengatasi atau menjaga saluran udara tetap terbuka pada saat relaksasi otot – otot dinding tenggorokan. Tekanan udara yang dialirkan ke dalam saluran pernapasan diatur dan disesuaikan dengan seberapa berat gangguan yang dialami pasien.

Metode CPAP lebih dipilih dari pada menggunakan tindakan bedah karena pertimbangan banyak hal diantaranya adalah keamanan penggunaan alat dan kemudahan mendapatkan alat. Selain itu, alat ini juga tersedia dalam berbagai pilihan merk dengan harga yang bisa and sesuaikan. Seperti alat CPAP Resmed, adalah salah satu merk yang cukup terkenal dengan harga yang terjangkau. Anda bisa membelinya di toko alat kesehatan yang jual cpap Resmed di kota anda. Atau anda bisa mencari informasi di internet.

Prosedur Penggunaan

Hal penting dalam menggunakan alat CPAP untuk gangguan sleep apnea untuk pemakaian pribadi adalah pengaturan tekanan udara yang diberikan. Anda perlu berkonsultasi kepada dokter anda agar tidak salah penggunaan.

Sebenarnya alat CPAP juga digunakan pada bayi prematur yang mengalami gangguan pernapasan karena paru – paru belum berkembang. Dengan alat ini , udara yang masuk ke adalah saluran pernapasan dapat membantu paru – paru bayi berkembang sehingga proses pernapasan bisa berjalan dengan lancar.

Mungkin ini saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Mudah – mudahan apa yang saya tulis bisa bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa untuk berbagi kepada teman – teman anda agar mereka juga bisa mendapatkan manfaat seperti anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *