Indonesia, Salah Satu Negara Importir Produk Cina Terbesar

Indonesia, Salah Satu Negara Importir Produk Cina Terbesar
Indonesia, Salah Satu Negara Importir Produk Cina Terbesar

Dunia sekarang ini sudah memasuki era globalisasi. Pada era ini, hampir terasa tidak ada sekat pembatas antara satu negara dengan yang lain, termasuk dalam bidang perdagangan. Cina merupakan salah satu negara kuat di lingkup asia.

Bahkan, di lingkup internasional kedudukan negara ini juga mulai diperhitungkan. Orang cina terkenal ulet, gesit, dan hemat. Mereka juga terkenal akan kemampuannya berbisnis. Oleh karena itu, tidak sedikit orang cina yang menjadi pengusaha. Banyak perusahan-perusahan lokal cina yang mampu bersaing di kancah internasional.

Selain itu, cina juga terkenal sebagai negara eksportir. Segala macam jenis barang hampir selalu diekspor cina. Misal, pakaian, mainan anak-anak, sampai perabot rumah tangga. Indonesia menjadi salah satu negara importir produk cina terbesar. Negara kita ini ternyata mengimport pakaian, mainan anak-anak, sayur mayur, sampai perabot rumah tangga. Lantas, apa keunggulan dari produk cina sendiri?

Sebagai negara importir produk cina, pemerintah tentunya sudah memikirkan dengan baik mengapa negara kita harus mengimport. Dari segi pakaian, warga negara indonesia sangatlah banyak. Pengusaha tekstil lokal dinilai tidak mampu mencukupi kebutuhan pakaian, sehingga diambillah kebijakan mengimport dari negeri panda itu. Produk cina juga tergolong murah dan kualitasnya juga bisa dibandingkan.

Hal ini salah satu dari keunggulan strategi pemasaran cina. Mengapa harga produk cina bisa murah jika dibandingkan dengan yang lain? Karena untuk biaya produksinya, pemerintah cina menerapkan sistem upah terendah. Jadi, pegawai yang bekerja digaji dengan upah terendah namun mencukupi kebutuhannya sehingga biaya produksinya tidak terlalu membengkak.

Ternyata, strategi produksi dan pemasaran yang jitu sangat diterapkan pemerintah cina. Tidak apa-apa bila pegawai upahnya rendah, tapi pemasukan yang lebih besar bisa masuk dari sektor lain, seperti ekspor. Dari keuntungan yang diperoleh dari ekspor barang, pemerintah mampu menyediakan fasilitas publik yang memadai dan menambah subsidi untuk warga negara cina. Indonesia sebagai negara importir produk cina sudah seharusnya belajar. Agar dihari esok tidak begitu bergantung pada produk dari luar negeri.