Gubernur Bali Dukung DJP Sasar Pajak WNA

Gubernur Bali Dukung DJP Sasar Pajak WNA

Potensi penerimaan pajak dari sektor pariwisata di Bali memang cukup besar. Hal itu dikarenakan Bali sebagai salah satu destinasi wisata internasional.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Bali dalam kunjungannya ke Kantor Gubernur Bali mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang fokus pada kegiatan ekstensifikasi terhadap usaha-usaha yang dimiliki oleh warga negara asing (WNA) di Provinsi Bali yang hingga saat ini masih luput dari pengawasan jajarannya.

“Banyak usaha yang dimiliki oleh orang asing di Bali, namun dalam prakteknya di lapangan menggunakan nama penduduk lokal, atau yang kita kenal dengan istilah nominee, hal ini merupakan salah satu fokus kita di akhir tahun ini untuk mendata dan memastikan mereka telah melakukan kewajiban perpajakannya dengan benar” ujar Made Mangku Pastika selaku Gubernur Bali yang menyambut positif langkah Kanwil DJP Bali tersebut.

Menurutnya, ada rasa ketidakadilan ketika mereka membuka usaha dan memperoleh penghasilan dengan menjual keindahan pulau Bali namun tidak memberikan kontribusi kepada Negara atau khususnya pada Provinsi Bali.

Selain itu juga dirinya menyampaikan bahwa potensi pajak dari kegiatan pembangunan yang di danai  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) cukup besar karena jika dijumlahkan nilai APBD se-Bali hampir mencapai 20 triliun rupiah.

”Selain itu masih ada potensi dari sektor hotel, villa, restoran, maupun penyedia jasa pariwisata lainnya yang hingga kini belum digarap secara optimal” ungkapnya.

Menutup pertemuan ini, Made Mangku berharap Kanwil DJP Bali dapat bekerja sama dengan pihak terkait di daerah untuk mengoptimalkan penerimaan pajak, khususnya di Provinsi Bali. Pihaknya siap mendukung setiap langkah yang akan dilakukan oleh Kanwil DJP Bali.

Dalam kesempatan ini Gubernur Bali didampingi oleh Kepala Biro Humas dan Protokol, Kepala Dinas Pendapatan, dan Kepala BPKAD Provinsi Bali. Sedangkan dari jajaran Kanwil DJP Bali turut hadir mendampingi Kepala Kanwil antara lain, Kepala Bidang P2Humas, Kepala Bidang PPIP, Kepala Bidang DP3, Kepala Bidang PEP dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur.

Sumber: www.pajak.go.id

Leave a Reply