Cara Memperbaiki Kompresor Kulkas Yang Macet

Kompresor adalah komponen yang penting dalam kulkas. Fungsi kompresor yaitu untuk menyirkulasi gas freon. Kerusakan kompresor biasanya terjadi karena gas freon, hal ini karena kompresor berfungsi sebagai tempat mengalirnya gas freon. Saat kerusakan kompresor terjadi anda bisa memanggil jasa service Ac untuk memperbaiki kompresor anda. Adapun macam-macam kerusakan pada kompresor yang sering terjadi adalah sebagai berikut :

  1. Terbakarnya kawat kumparan pada kompresor.
  2. Tekanan pada kompresor berkurang karena putaran pada kompresor menurun atau putaran piston ngeplos.
  3. Kompresor macet

Penyebab kompresor rusak yang akan di bahas kali ini adalah penyebab kompresor macet. Mengapa kompresor kulkas bisa macet? Hal ini disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut.

  1. Kompresor mengalami overload

Mengisi kulkas terlalu banyak dapat menyebabkan kompresor mengalami overload. Selain itu meletakkan kulkas dekat dengan pintu, menutup pintu tidak rapat juga dapat menyebabkan overload.

  1. Listrik menurun tidak stabil bisa menyebabkan kompresor macet

Ketika listrik tidak stabil dapat mengakibatkan kompresor mudah macet, hal ini karena kompresor akan mengalami gagal star.

Mengganti kompresor dengan yang baru membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Jika masih bisa diperbaiki lebih baik perbaiki saja kompresor kulkas anda. Jika anda bisa memperbaikinya sendiri maka anda bisa memanggil jasa service kulkas untuk memperbaikinya. Adapun cara untuk memperbaiki kompresor yang macet adalah:

  1. Buang oli pada kompresor.
  2. Belah kompresor secara melingkar pada bekas las dari pabrik.
  3. Ketok pelan-pelan bagian dalam kompresor yang tadi sudah di belah sambil menuangkan oli secara perlahan.
  4. Putar piston menggunakan tangan dan dengan mencoba menghidupkan kompresor
  5. Jika kondisi kompresor sudah bagus maka tutup kembali kompresor dengan las listrik dengan rapat.

Mudah bukan, namun jika bukan ahli anda akan mengalami kesulitan saat memperbaiki kompresor milik anda. Jadi sebaiknya anda memanggil jasa service kulkas agar kompresor anda tidak terbuang sia-sia. Semoga ulasan di atas bermanfaat. Lakukanlah service pada kulkas secara teratur agar kulkas yang anda miliki dapat bertahan lama. Perlu di ingat harga kompresor juga mahal untuk itu lebih baik di perbaiki daripada membeli yang baru.

Cara Memperbaiki Kompresor Kulkas Yang Macet

Leave a Reply