Begini Tips Menggunakan AC Inverter yang Tepat

Banyaknya penggunaan AC di sekitar, membuat para konsumen merasa bingung bagaimana menggunakan mesin pendingin ruangan tersebut. Belum lagi, adanya fitur-fitur yang terdapat pada setiap type AC yang semakin beragam.

Dalam penggunaannya AC tidak asing dengan yang namanya AC jenis inverter. Dalam prakteknya ternyata masih banyak yang belum mengetahui pengguna AC Inverter dan AC non Inverter. Meskipun pada dasarnya kedua jenis AC Daikin Indonesia ini sama saja, namun jika di gunakan secara tidak tepat maka akan membuat pemakai listrik menjadi boros.

Begini Tips Menggunakan AC Inverter yang Tepat

Tips Menggunakan AC Inverter yang Benar

  • Tidak Boleh Under Capacity

Misalkan pada ruangan seluas 4×5 harus menggunakan AC Inverter 1,5 PK, ruangan 4×6 ke atas harus menggunakan AC Inverter 1PK, dan untuk ruangan 4×4 ke bawah memakai 1 PK inverter.

Sehingga apabila kamar yang berukuran 3×3 atau 3×4 menggunakan inverter 1 PK maka akan lebih hemat di bandingkan dengan ½ PK atau ¾ PK non inverter. Terutama untuk AC Daikin High Inverter.

  • Mengatur Suhu Remote harus yang bisa di capai oleh AC nya

Sebenarnya, mau memakai AC tipe apapun atur suhu pada bagian remote harus bisa capai oleh AC nya. Namun yang terpenting ketika menggunakan AC inverter maka konsumsi listrik akan berkurang saat suhu udaranya sudah mendekati suhu remote, sehingga akan turun pada watt minimal ketika suhu ruangan sudah sama dengan suhu remote.

Jika ac tidak mampu mencapai suhu remote, maka kompresor akan bekerja secara maksimal dan watt pun akan semakin maksimal.

Sebagai contoh untuk AC Daikin Delux Thailand yang mempunyai 1 PK FTM25JV14 Watt nya adalah konstan pada 722 watt selama ac tersebut menyala. Sedangkan untuk AC High Inverter 1PK FTKV25NVM4 rentang watt nya adalah 220-850 watt.

Ketika kedua ac tersebut digunakan di ruangan seluas 4×5 saja, bisa di buktikan bahwa memakai AC Daikin High Inverter akan lebih boros di bandingkan dengan Deluxe Thailand. Mengapa bisa demikian?

Untuk ruangan 4×5 harusnya menggunakan 1,5 PK dan menggunakan 1PK sudah termasuk undur capacity. Apabila anda menggunakan AC yang sudah under capacity misalkan sudah mengatur suhunya 25 derajat, maka tidak akan pernah tercapai. Akan tetapi AC akan terus bekerja mencapai suhu tersebut. Info lebih rinci dapat dilihat di blog www.hargaac.co.id

Leave a Reply